FAQ

BAIA 2022 Greenovator dapat diikuti oleh peserta dari Perguruan Tinggi/Universitas, Start Up, Lembaga Penelitian dan Masyarakat Umum.

Terdapat dua kategori yang diperlombakan. Yaitu yang pertama adalah kategori Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS) pada aktivitas Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Pabrik Gasifikasi. Kategori kedua adalah Carbon Reduction yang mencakup karya inovasi yang berkaitan dengan metode pengurangan atau pencegahan emisi karbon pada aktivitas Pertambangan dan pemanfaatan Batubara.

Maksimal satu karya inovasi untuk setiap kategori.

  1. Kelompok terdiri dari Perguruan Tinggi / Universitas, Startup, Lembaga Penelitian, dan Masyarakat Umum.
  2. Satu kelompok berasal dari Lembaga yang sama atau dapat bekerjasama dengan pihak lain, serta dapat merupakan gabungan dari beberapa disiplin keilmuan
  3. Setiap kelompok / peserta hanya boleh mengajukan maksimal 1 karya inovasi di setiap kategori
  4. Karya inovasi bukan hasil plagiat (original) dan bukan karya milik orang / pihak lain
  5. Karya inovasi belum pernah menjadi juara pada kompetisi inovasi apapun dan dimanapun
  6. Karya inovasi telah mencapai tingkat kesiapan teknologi minimal level 4 (validasi teknologi dalam lingkungan laboratorium)
  7. Ketetapan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat;
  8. Inovator yang karya inovasinya menjadi juara pada kategori yang dilombakan di BAIA Greenovator 2022 memberikan hak kepada PTBA untuk mengimplementasikan dan mengembangkan hasil inovasi tersebut tanpa konpensasi dari PTBA;
  9. PTBA dapat membantu pengajuan pendaftaran HAKI bagi karya inovasi yang menjadi juara pada kategori yang dilombakan di BAIA Greenovator 2022, dengan pengaturan lebih lanjut akan dibahas pada perjanjian terpisah.

Periode pendaftaran dari bulan April - Agustus 2022

  1. Sistematika: Persyaratan administrasi penulisan makalah, metode penelitian dan pemaparan materi. 
  2. Dampak: Signifikansi dampak atas implementasi hasil Inovasi baik pada tingkat/volume penyerapan karbon dan tahapan proses dalam menyerap karbon. Serta potensi replikasi penggunaan di objek berbeda.
  3. Inovasi: Keberhasilan implementasi inovasi yang memiliki nilai tambah. Pengetahuan Baru, Cara Baru, Kebiasaan Baru, Objek Baru, Teknologi Baru, Penemuan Baru.
  4. Kesiapan teknologi: Tingkat kesiapan teknologi dalam tahap pengembangan dan penerapan (minimal level 4). 
  5. Sustainability: Keberlanjutan hasil inovasi yang memberikan manfaat jangka panjang baik penurunan emisi karbon maupun biaya.

BAIA 2022 Greenovator tidak menerima biaya apapun dalam proses pendaftaran.

Peserta yang lolos seleksi pendaftaran dengan karya inovasi yang telah ditetapkan oleh tim dan dewan juri, selanjutnya akan masuk ke tahap Presentasi Peserta pada kisaran bulan Oktober - November 2022. Untuk tempat atau platform presentasi, akan diinformasikan lebih lanjut.

Akan ada 5 karya inovasi terbaik pada setiap kategori di Greenovator 2022.

Registrasi pendaftaran dan pengumpulan proposal karya dapat dilakukan melalui official website BAIA 2022 Greenovator.

  1. Melakukan registrasi pada menu Daftar.
  2. Verifikasi akan dilakukan pada alamat email yang terdaftar.
  3. Klik menu Login, masukkan alamat email dan password yang terdaftar.
  4. Masukkan data yang dibutuhkan.
  5. Upload file karya inovasi; dapat dilakukan via website BAIA 2022 Greenovator (max 10MB) atau menyertakan link One Drive ( >10MB).

Pengumuman pemenang 5 karya inovasi terbaik pada BAIA 2022 Greenovator akan diumumkan pada tanggal 27 November 2022.
Whatsapp